Kamis, 11 April 2013

Hasil Karya dari Bambu Cendani


Indonesia merupakan negara penghasil bambu yang cukup besar. Banyak manfaat yang diambil dari pohon bamboo, terlihat dari produk-produk yang dihasilkan. Setiap propinsi di Indonesia mempunyai tanaman bambu, baik tumbuh secara liar, ataupun sengaja ditanam di lahan perkebunan.
Bambu merupakan kekayaan hutan bukan kayu yang merupakan bagian dari kekayaan sumber daya hutan Indonesia. Bambu dapat menjadi salah satu alternatif dalam pengurangan penggunaan kayu di hutan yang semakin terbatas keberadaannya. Di desa-desa, pemanfaatan bambu seringkali terlihat pada perlengkapan rumah tangga. Namun, sekarang makin berkembang menjadi berbagai macam keperluan industri, sehingga bagi masyarakat di pedesaan dikategorikan sebagai penunjang utama
perekonomian masyarakat desa.
Beberapa kemudahan dari bamboo, antara lain, penanamannya cukup dilakukan sekali saja karena bambu akan berkembang biak dengan sendirinya  dan mudah tumbuh pada habitat yang sesuai dan selanjutnya dipanen sesuai dengan kebutuhan. Dalam pertumbuhannya. tentunya tidak terlepas dari  pengaruh kondisi lingkungan tempat tumbuh, pola tanam dan teknik pemeliharaan yang memadai.
Dengan demikian, faktor lingkungan penting untuk  diketahui agar dapat berproduksi secara optimal.  Peningkatan penggunaan beberapa jenis bambu  menyebabkan tanaman bambu rakyat tereksploitasi  secara tidak terkendali tanpa diimbangi dengan  tindakan pembudidayaan. Soendjoto (1997)  menyatakan bahwa salah satu bentuk penurunan,  pengrusakan dan pemusnahan ragam hayati adalah  pemanenan tanpa upaya budidaya, penebangan dan  mengintroduksi jenis baru. Belum membudayanya  usaha pelestarian terhadap bambu disebabkan  tegakan-tegakan bambu yang umumnya hidup  pada lahan-lahan rakyat nampaknya masih dianggap  cukup. Selain itu, informasi dan pengetahuan tentang  budidaya jenis-jenis bambu masih sangat kurang,  demikian pula pengenalan terhadap jenis-jenis  bambu yang ada di Indonesia serta pemanfaatannya.  Untuk itu, diperlukan suatu sarana pengembangan  tanaman bambu khususnya pada jenis-jenis yang  umumnya telah digunakan maupun yang belum  dikenal oleh masyarakat namun mempunyai banyak manfaat.
 Jika ingin meihat hasil karya dari produksi yang sering digunaka silakan liat situs http://waroengopera.blogspot.com, banyak peralatan untuk kebutuhan rumah tangga ataupun untuk yang senang digunakan sebagai peralatan pameran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar